31 August, 2008

Mengapa dan Bagaimana Mendapatkan Kredit Usaha dari Bank?

Di tengah berkembangnya image tentang sulitnya mendapatkan akses permodalan ke bank bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di masyarakat, Fajar S Pramono dalam tulisannya yang berjudul ‘Rahasia Sukses Ngutang, Kiat Jitu Memanfaatkan Bank untuk Mengembangkan Usaha’ mencoba membuka cakrawala para pengusaha dan juga pihak lainnya yang selama ini memiliki keyakinan tersebut. Mantan bankir yang banyak mengetahui seluk beluk pemberian kredit ini mencoba memaparkan dengan runut mulai dari alasan mengapa bank menjadi pilihan sumber pendanaan hingga tahapan-tahapan lain yang harus diperhatikan pebisnis dalam rangka mengambil pembiayaan ke bank.

Pada chapter pertama buku yang dipublikasikan pada bulan Mei 2007 lalu ini menjabarkan 10 alasan yang mendasari mengapa bank dijadikan pilihan sumber pembiayaan oleh pebisnis, diantaranya bank dapat mengembangkan usaha pebisnis lewat monitoring dan pelatihan, selain juga dengan meminjam ke bank pebisnis dapat melatih kedisiplinan mereka untuk membayar cicilan secara rutin.

Chapter kedua memberikan panduan tentang hal-hal yang harus diperhatikan pebisnis dalam memilih bank tempat mengajukan kredit. Terdapat 7 katogori yang disajikan untuk membantu pebisnis dalam membandingkan bank sehingga mendapatkan pilihan bank yang tepat untuk memperoleh kredit. Selain melihat kondisi bank secara keseluruhan, pebisnis juga disarankan untuk memilih bank yang memiliki misi mengembangkan UKM dan juga tidak memprioritaskan fixed aset sebagai jaminan kredit.

Selanjutnya (Chapter 3 dan 4) Fajar memaparkan apa saja yang harus dipersiapkan dalam rangka mengajukan permohonan kredit usaha ke bank. Secara umum dijelaskan dua jenis dokumen yang harus dipersiapkan, yaitu kelengkapan organisasi seperti NPWP (nomor pokok wajib pajak), bukti kepemilikan aset yang dijaminkan, disamping juga dokumen yang dibuat sendiri seperti laporan keuangan dan rencana usaha ke depan.

Sementara yang tidak dianjurkan dilakukan oleh pebisnis adalah tidak membiarkan bank mengetahui kondisi usaha pebisnis sesungguhnya. Dengan kata lain pebisnis dianjurkan untuk menginformasikan kondisi usaha yang sesungguhnya, karena dengan informasi tersebut bank bisa memutuskan seberapa banyak dana dipercayakan untuk dipinjamkan dan mengetahui skim pembayaran yang tidak mengganggu kondisi usaha pebisnis. Pebisnis juga diajak untuk tidak berbohong kepada bank tentang kemana dana akan digunakan, operasional usaha atau untuk ekspansi.

Pembaca buku ini juga diberikan suguhan tentang jenis kredit usaha yang disediakan bank serta jaminan apa saja yang bisa digunakan (chapter 5-7). Kredit usaha dibagi 2 menjadi kredit investasi dan modal kerja.

Di chapter berikutnya (8-9) menguraikan secara sederhana bagaimana bank menilai agunan dengan mengacu pada dua standar, yaitu harga pasar saat dan harga pasar di masa yang akan datang. Batasan kredit yang bisa diterima itu berkisar dari 50-80% dari nilai agunan. Sedangkan dalam menganalisa kredit yang layak untuk disetujui atau tidak bank biasanya menggunakan acuan 5 kriteria, yaitu karakter peminjam, modal yang dimiliki peminjam, kapasitas yang dimiliki peminjam, jaminan atau agunan serta kondisi ekonomi.

Fajar juga berbagi kepada pembaca tentang pihak-pihak apa saja dari bank perlu diketahui pebisnis mulai dari pemasar hingga yang berkompeten memutuskan disetujui atau tidaknya aplikasi kredit. Sebut saja Credit Marketing Officer (CMO) , Credit Administration Officer, Credit Analyst hingga pihak yang memutuskan disetujui atau tidaknya kredit. Pada bagian 11 pebisnis diajak untuk lebih mencermati aturan-aturan yang ada dalam perjanjian kredit sedetil mungkin untuk menjaga track record di mata bank.

Akhirnya 4 bagian dari buku ini mengulas tentang opsi-opsi yang bisa diambil pebisnis jika sudah jadi nasabah terkait dengan hampir berakhirnya masa pinjaman. Opsi tersebut adalah memperpanjang jumlah pinjaman, menambah jumlah pinjaman, mengurangi jumlah pinjaman atau melunasi pinjaman. Tentunya masing-masing opsi disertai dengan alasan yang kuat.